JUM'ATAN


oleh Ainul Huda Afandi pada 28 Januari 2011 jam 13:51

Siang ini dgn badan agak meriang aku berangkat jum'atan. Terpaksa ngga mandi, dan biar menyamarkan bau minyak angin (habis dikerokin)...ku semprotkan minyak wangi..semoga kombinasi bau minyak angin dan minyak wangi ngga merusak konsentrasi jamaah lain, amin.

Untunglah masjid tempat ibadah jum'at ngga begitu jauh, sekitar 50 meter saja (persis di depan rumah). Tp siang ini udara sejuk dan mendung malah terasa kurang bersahabat buatku yg lagi ngga enak badan. Aku berharap aktifitas jum'atannya ngga lama2.

Harapanku musnah, tatkala ku tau yg jd khatib jum'at adlh pak itu (bkn nama sbenarnya), beliau suka ceramah dimana2, jd bisa ku prediksi khutbahnya bakal berdurasi agak lama. Kenyataannya memang begitu, berkali2 sepanjang khutbah, kaki ku terasa gelisah, pegal2..ku lihat beberapa jamaah lain pun terkantuk2..mungkin aja dlm hati jg menggerutu (weh..malah suudzon).

Khatib berkhutbah di indonesia dgn durasi agak lama emang udah biasa, tp khatib dimasjid2 yg dipenuhi warga NU ku rasakan lebih bijak, beliau2 biasanya memakai buku2 khutbah, pertimbangan pertama soal waktu, kedua, buku membuat isi khutbah lebih fokus, pembahasannya ngga melebar kemana2.

Mikir jum'atan, ingatanku melayang ke beberapa thn silam, ketika mengikuti jum'atan di masjid uin jogja, khatibnya dosen senior. Isi khutbah beliau membuatku terkesan. tema khutbah yg diangkat sederhana sebenarnya, cuma membahas bagaimana tata cara jum'atan. Pertama, beliau mengkritik kebiasaan jamaah yg datang terlambat, tiba di masjid kala khatib telah memulai khutbahnya. Bukan soal terlambatnya yg dipermasalahkan, namun karena si jamaah masih tetap melakukan shalat sunnah qobliyah. Kata beliau shalat qabliyah itu ibadah sunnah, sedang mendengarkan khutbah itu wajib hukumnya bg jamaah...klo terlambat hadir jum'atan mbok ya langsung duduk aja, karena aktifitas shalat sunnah jamaah itu 'mengganggu' bagi khatib.

Dengan kata lain, ibadah bila saatnya tidak tepat justru menjadi kurang baik (makanya ojo telatan..hehe).
Tema kedua, beliau mengingatkan kembali hakikat khutbah jum'at, agar para khatib kembali pada tuntunan mendasar tatacara berkhutbah, bahwa rosulullah menganjurkan agar mempersingkat khutbah jum'at, sudah ada kok rukun2nya. Diantaranya berwasiat mengingatkan jamaah pada ketaqwaan.

Namanya jg wasiat, ya langsung to the point saja, masuk substansinya. Sebab klo kebanyakn improvisasi (apalagi khutbah tanpa teks), nanti bakal melebar kemana2, bahas politiklah, gayuslah, yg bisa jd justru malah membuat jamaah 'gerah'. Niat hati ikut jum'atan biar dapat pencerahan, malah pulang bawa emosi.

Agama itu amat bijaksana, makanya disunnahkan mempersingkat khutbah. Agama memahami, bahwa jum'atan dilangsungkan biasanya tepat tengah hari, saat fisik dalam kondisi lelah dan mudah ngantuk, kala manusia mungkin punya keperluan dan kepentingan2 lain...inilah gunanya saling pengertian antara khatib\imam dan makmum. Makmum harus loyal pada imam, imam pun mesti mengerti kondisi makmum.

Masih terbayang di ingatan, ironi dan kelucuan yg mengiringi pengalaman ikut jum'atan sewaktu masih kos di jogja. Masjidnya deket dr kos, sekitar 50 meter. Karena bete dgn kebiasaan khutbah yg berlama2, anak2 kos (mayoritas anak uin), memilih mendengarkan khutbah dr kamar kos, sambil tidur2an, udad-udud, ngerumpi..dan baru berangkat ke masjid kala terdengar suara iqomat.

Klo sudah telat begitu, bs dipastikan kami tak kebagian tempat dlm mesjid. Mesjidnya kecil sih, lebih pantes disebut mushola, sementara jamaah yg hadir ratusan. Sebagian jamaah banyak bertebaran disekitar masjid, yg bernasib mujur kebagian tikar atau memang dah persiapan bawa sajadah atau koran, tp yg 'sial' krna ngga bawa modal, yah seadanya aja, beralaskan tanah.

Oleh sebab beratapkan langit, jamaah diluar masjid jg kudu siap2 dgn segala kondisi cuaca, kadang kepanasan, lain waktu kehujanan. 'Penderitaan' itu bakal bertambah karena beberapa imam hobi membaca surat dgn ayat yg panjang. Seakan tak peduli dgn nasib jamaah diluar masjid.

Belum lagi jamaah yg memposisikan diri disamping masjid yg kebetulan di batasi tembok tinggi, jd ngga ngerti gerakan shalat imam dan makmum dalam masjid. Hanya bermodal pendengaran. Masalah baru muncul bila kebetulan imamnya sudah tua, dan ngga begitu jelas terdengar suaranya. Akibatnya, jamaah2 ini kadang ketinggalan mengikuti gerakan, imam dan jamaah lain udah berdiri, mereka malah masih aja sujud menunggu aba2... biasanya di sudut lain lalu ada yg cekikikan menertawai jamaah2 aneh ini.

Akhir dr catatan ini, ada pelajaran penting, bahwa posisi jum'atan sejatinya amat dimuliakan dlm khazanah ritual islam. Lebih dr sekedar rutinitas mingguan. Sebagaimana hari jum'at di akhirat, dimana hari jum'at para ahli surga berkesempatan berjumpa langsung dgn Tuhan. Maka hari jum'at didunia seyogyanya direspon sepatutnya.

Ada baiknya kita tak boleh lupa dan alpa, ntuk kembali kepada esensi jum'atan, bagaimana mestinya para khatib dan imam memahami keadaan makmum, demikian pula makmum, jangan mudah menggerutu, gampang dongkol, ngga ikhlas sama imamnya. Semoga kedepan kita bisa menjadi imam-khatib-makmum yg lebih baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar