LAGA SEPAK BOLA INDAH


Malam ini liga champion eropa bergulir lagi..laga yg rencananya ditayangkan RCTI adalah pertandingan antara Tottenham Hostpur vs AC Milan. AC Milan tim yg punya tradisi di liga champion, setelah sempat compang-camping beberapa musim, AC Milan kini sudah berbenah..hasilnya mereka pemuncak klasemen di serie A.

Sedang Tottenham Hostpur adlah tim yg saya sukai gaya mainnya diliga inggris selain West ham united (era di canio). Tottenham menganut permainan offensif, terbuka, dan tak mengenal rasa takut. Tidak takut lawan siapapun dan tidak takut kalah. Malam ini mereka akan merepotkan AC Milan.

Besok malam, laga yg disiarkan tak kalah seru, antara Barcelona dan Arsenal. Ini laga dua tim yg sama2 menganut sepak bola indah. Saya kira barca punya potensi lebih besar memenangkan laga. Arsenal musim ini memang tampil lebih kuat dan konsisten, mereka akan menyajikan perlawanan sengit. Tp persoalannya, Barcelona punya messi yg bisa membuat perbedaan skor pertandingan.

Ada dua faktor mengapa musim lalu Arsenal kalah dr barcelona. Pertama mereka kalah dilini tengah yg menyebabkan mereka gagal mendominasi ball possesion, kedua karena arsenal terlalu hormat dan takut melawan barca. Mereka memulai pertandingan dgn mental inferior. kondisi ini membuat arsenal akhirnya tampil gugup dan mudah kehilangan bola.

Pertandingan besok malam sekali lg merupakan ajang pembuktian apakah arsenal masih dihantui trauma, atau mereka sudah jd tim bermental juara (jujur saja, sebenarnya sebagai penggemar liga inggris, saya lebih suka arsenal sukses menyingkirkan barca).

Tanpa bermaksud sok tau, menurut saya salah satu cara efektif meredam barcelona yakni mencegah barca menguasai ball possesion. Barcelona adalah tim yg tidak biasa dibombardir dgn serangan2 konstan, mereka biasanya mampu mengendalikan serangan lawan dgn strategi pressing dan mengurung pemain yg tengah menguasai bola. Karena itu melawan barca jangan terlalu mudah melepas bola, bs dgn cara menciptakan banyak situasi bola mati, sering2 aja play off (misalnya tahan bola sampai dilanggar oleh pemain barca).

Tim yg terbiasa menguasai penguasaan bola kayak barca, lama-kelamaan akan frustasi dgn taktik lawan yg suka memperlambat tempo dgn trik2 bola mati. Tp untuk memainkan trik ini lawan barca harus punya pemain2 dgn kemampuan menahan bola yg bagus, bakat2 diving kayak cristiano ronaldo dan cerdik kayak drogba.

Sejumlah tim mencoba melawan barca dgn permainan terbuka, seperti Real Madrid misalnya, tp toh kalah jg, karena barca punya pemain2 yg cepat dan bagus penempatan posisinya dlm serangan balik. Banyak pula tim sejak awal sengaja menerapkan pola defensif dgn menumpuk pemain didaerah pertahanan sendiri. Hasilnya ? Remuk jg. Makin defensif lawan, semakin barca ngosak-ngasik.

Saat ini saya kira tim yg punya kekuatan setara, baik secara teknis, mental, strategi dan konsistensi permainan adalah MU. Para pendukung barca pasti mengungkit2 final liga champion dua musim lalu, dimana MU kalah 2-0. Tp, saya harap ingatan anda lebih jauh dr dua tahun lalu, simaklah catatan pertemuan kedua tim ini. Ingatlah hasil pertandingan barca, kala Tim Howard memulai debutnya membela MU di Amerika.

Chelsea, Intermilan dan Real Madrid sebetulnya punya kualitas teknik yg pantas jg untuk mengalahkan barca, tp saya tidak yakin dgn strateginya musim ini. Pertemuan Barca-madrid diliga beberapa bulan lalu, memperlihatkan kesalahan strategi mourinho. Mungkin pertemuan2 berikutnya, Mourinho bisa memperbaiki karakter, strategi dan mentalitas madrid, setidaknya seperti yg saya tonton kemarin malam lawan espanyol.

Akhir dr cacatan ini, mari kita lihat saja pertandingannya, barulah kita komentari lg hasilnya. Dlm membuat catatan biasanya sebisa mungkin sy berusaha fair, tp isi cacatan ini kayaknya lebih banyak subyektifnya. Jadi saya anggap wajar, kalau ada yg ngga setuju dan punya pendapat berbeda.

oleh Ainul Huda Afandi pada 15 Februari 2011 jam 20:16

Tidak ada komentar:

Posting Komentar