MAKAN


Siang ini saya ngga pengen menulis dgn tema2 serius, kebetulan saya barusan kepengen makan dgn makanan buatan sendiri, tapi saya ndak bisa masak yg aneh2, so kali ini cukup bikin nasi goreng. Saya tipe org yg klo soal makan terhitung ngga rewel, apa saja asal doyan ya makan tanpa banyak berkeluh kesah. Klo ngga cocok dgn hidangan yg tersaji di meja makan, saya biasanya klo ngga diam2 masak sendiri, lebih baik memilih cari makan diluar rumah. Sejak kecil salah satu cita2 saya memang jd koki, cita2 yg hanya jadi bahan tertawaan keluarga waktu itu.

Dalam memasak, saya seneng berimprovisasi, kadang memang hasilnya sukses alias masakannya cukup enak, yah begitu setidaknya menurut lidah saya. Tapi rasanya lebih sering gagal, maklum saja, kurang pengalaman. Misalnya dlm masak nasi goreng, bahan apa yg ada di dapur selama tidak merusak rasa dan tujuan, saya masukkan ke penggorengan, misalnya sesekali, waktu masak nasi goreng diantara bumbu yg digerus saya memasukkan terong, tp tak diulek halus. Lalu, selain telur biasanya ada seledri atau daun bawang, kubis, gorengan kentang, irisan timun, pokoknya macem2, prinsipnya aneka cita rasa. Menikmati masakan sendiri selalu memberikan kepuasan, apalagi klo diakhiri pujian..wah tambah semangat lain kali bikin lg.

Sebagai makhluk yg butuh makan, saya ngga termasuk sebangsa omnivore alias pemakan segala, kecuali sayur-sayuran. Saya memang paling hobi sayur2an, hampir tak punya pantangan, semua doyan. Mulai dari daun kemangi, daun papaya, genjer, rebung bambu sampai jantung pisang. Justru saya tidak selalu senang dgn daging, baik ikan maupun daging hewan darat atau hewan udara. Khusus hewan darat, saya cuma doyan ayam, diluar itu engga, sekalipun kata orang enak. Makanya tiap musim lebaran haji, terutama waktu masih tinggal di Jogja, semakin banyak hewan qurban yg disembelih, semakin mumet saya. Habis dimana2 bau anyir, temen2 lain sih ketawa-tawa keenakan, tapi bagi saya jangan merasakan baunya, lihat makanannya aja udah eneg. Sering iri juga sih, sempet mikir2 apa waktu masih kecil org tua saya kere sehingga jarang beli daging atau saya punya trauma tertentu ama yg namanya kambing, sapi atau kerbau ya? Apa sifat penyayang saya terhadap hewan membuat saya tak tega untuk memakan mereka? Ah, klo yang ini sih pikiran lebay..jawaban pastinya dah takdir Ilahi.

Pernah juga ditraktir makan, sebelumnya saya ngga tau menu apa yg disediakan. Ngga taunya bebek panggang dan burung dara goreng dgn sambel penyet..sementara temen2 lain makan dgn lahap, saya cuma pura2 makan aja, menyenangkan yg lagi mentraktir. Belum lama ini saya juga ketiban 'sial' untuk urusan makan. Ceritanya ada kawan yg menikah, dan selazimnya saya datang buat kondangan, waktu itu sudah menjelang maghrib. Untunglah tamu ngga banyak. Tradisi di sini klo yg punya hajatan bukan tetangga atau keluarga, biasanya kondangannya ngga lama, datang, basa-basi sebentar, ngasih amplop, abis makan trus langsung pamit pulang. Nah, begitu dipersilahkan ke tempat makan, sementara yg lain bergiliran ngambil makanan, saya cuma bengong aja didepan deretan wadah lauk-pauk, sampai2 saya ngga sadar belum ngambil nasi, "pak Huda, ini ngambil nasi dulu..". Saya tersenyum, lebih tepatnya lg tersipu malu.
Saya punya alasan yang membuat agak lama berdiri cuma pah-poh aja disitu, yg ada dipikiran saya waktu itu "apa yg bisa saya makan ini?", Disitu sebenarnya ada banyak macam lauk pauk, serba daging. Tp, itu masalahnya, disana ngga ada ayam kesukaan saya. Tak ada pula setidaknya ikan, atau telur. Bahkan klopun cuma kering tempe itu lebih baik. Semua serba kambing dan kayaknya ada juga sapi.. ada yg di rendang, disayur, sop, macem2lah. Mau ngga mau, karena makannya ada yg jaga, saya pun mengambil rendang, sebelum berlalu dr meja makan akhirnya diujung meja saya menemukan semacam lauk (tp susah juga sebenarnya dibilang lauk, lha wong cuma pelengkap), yakni acar timun.

Dengan pikiran ngga nyaman, saya duduk bareng tamu2 lain, makan nasi berlauk acar (silahkan dibayangkan rasanya..). Sebetulnya ngambil nasi ngga banyak, sewajarnya saja, tp mau menghabiskan  kok rasanya berat sekali, seret. Harus sering2 didorong pake air putih, sebab klo ngga, nasi bakalan nyangkut ditenggorokan. Sesekali beberapa tamu melirik kearah piring yg saya pegang, kali aja heran.."eh, perasaan dr tadi rendang kambingnya ngga disentuh deh sama org ini.."mungkin begitu pikir tamu disebelah saya. Alaah, biarin aja..yg lebih penting fokus gimana caranya menghabiskan nasi biar ngga malu2in. Baru separuh, saya ngga kuat lagi, dan untungnya ada sedikit insiden ditempat itu, ceritanya ada pelayan tamu yg entah kenapa tumpukan piring bekas makanan yg dibawanya jatuh berantakan..brak !! yaa..ini kesempatan, begitu pikir saya. Sambil pura2 membantu merapikan pecahan piring, saya turut menyelipkan piring saya tadi yg masih banyak nasinya itu..tak lama kemudian segera memilih cepat keluar dr tempat yg telah membuat saya menderita, lalu pamit pulang.

Pengalaman seperti ini tak cuma sekali, tp beberapa kali terutama di acara2 semacam yasinan atau tahlilan dirumah2 warga yg minim pilihan makanan yg tersedia, lg pula susah ditebak. Ini membuat saya kadang ngga antusias klo diundang acara2 beginian..mau jujur bilang ngga makan daging kambing ato sapi tp kok khawatirnya nanti malah membikin repot tuan rumah.

Tapi bagaimanapun nasib saya jauh lebih beruntung ketimbang temen2 yg bener2 jadi vegetarian karena ngga doyan makan daging. Atau temen satunya lagi yg paling parah, ngga suka makan nasi, klo makan mesti mie instant doang..halah, ono2 wae. Memang sih org macem2 selera makannya. Ada yg klo makan maunya yg enak dan gonta-ganti, ada juga yg itu2 aja tiap hari. Kadang masalahnya pertimbangan uang, tp sering pula semata2 lebih soal obsesi.
Orang yg terobsesi terhadap makanan, biasanya lebih memilih dan cenderung senang gonta-ganti jenis makanan setiap hari. Tp, org model begini umumnya memang punya banyak referensi tempat makan yg enak2. Klo dia bilang enak, maka biasanya bener enak banget. Lumrahnya dia seneng nonton acara kayak "mak nyus"nya Pak Bondan, tp bukan acara makan2nya presenter  (aduh lupa namanya, pokoknya orangnya item), yg dasar badannya gemuk jd keliatan makan apa aja pasti lahap. Bagi org kayak gini rasa makanan itu cuma dua, klo ngga enak yaa enak banget.  Acaranya Pak Bondan memang legendaries karena beliau membawakannya asyik dan disukai segala lapisan masyarakat, punya wawasan mengenai makanan, jd ngga sekedar asal doyan aja. Tp diakhir2 episode saya mulai jarang nonton, masalahnya Pak Bondan lebih sering masuk ke restoran. Ini sih ngga asyik, karena kekuatan acaranya Pak Bondan itu awalnya karena makanan yg disajikan memang khas Indonesia, murah harganya, unik dan sudah pasti enak.

Sementara, org yg ngga terobsesi dlm hal makanan, lazimnya cenderung ngga valid dalam menilai makanan, abis semua makanan asal doyan ia katakan enak, apalgi klo ngga perlu bayar. Tp, terobsesi juga ngga mesti bagus, apalagi klo terobsesinya dlm hal kuantitas, kayak temen dulu yg tempat langganannya di suatu tempat di Jalan Timoho Jogja. Murah, enak..dan buaanyak nasinya. Ketika membuktikan memang bener, saya ngga tau apa yg punya warung memang biasanya makan dgn nasi yg harusnya bisa dimakan dua orang, trus pikirannya semua org sama. Tp ngga apa2lah, saya juga klo sedang bokek sesekali kesitu, biar kenyangnya awet, ya udah ngga usah perduli soal rasa, takusah pedulikan kualitas minyak goreng yg digunakan sampai membuat nasinya mirip nasi goreng, yang penting murah meriah dan wareg tenan.

Tapi saya sebetulnya ngga termasuk selera 'rendah' dlm hal makan, fleksibel saja. Klo temen makannya ngajak ke tempat warung sederhana, bahkan nasinya nasi tiwul misalnya, oke2 saja. Tapi, lain kali temen makan yg ngajak ke tempat makan yg sekali makan habis puluhan ribu, ya ayoo.. saja. Tentu saja sepanjang rasa makanan sebanding dgn harganya. Klo untuk urusan ini saya memang agak rewel. Saya dulu waktu masih kuliah sampai punya referensi tempat makan yg sudah masuk "black list" karena makanan yg disediakan dihargai terlalu mahal. Mahal itu sebetulnya ngga pa2, sepanjang sesuai dr sisi tempat dan kualitas makanannya.

Klo sedang makan ngga dirumah saya biasanya punya pertimbangan2 tertentu, soal rasa, kesesuaian harga, tempat, jarak lokasinya dan orangnya. Ada pemilik warung yg makanannya biasa aja, tp sering juga kesitu karena pemilik warung memahami "pembeli adalah raja", jd pelayanannya bagus. Ada juga pertimbangan lain, misalnya faktor kasihan. Jd saya niati kesitu, lebih dr sekedar makan, tp juga membantu kalo misalnya saya tau pemilik warungnya berasal dr ekonomi rendah. Bantuan yg tersirat dan tersamar seperti ini perlu, karena tidak semua orang bersedia menerima bantuan cuma2.

Mungkin saya memang termasuk tipe org yang "hidup untuk makan", makanya sekarang tubuh saya menjadi agak tambun (semoga ngga keterusan jd obesitas hehe..). Ngga heran, klo sekarang jd keliatan lebih dewasa, eh..lebih tua. Kini, kecuali keluarga sendiri (berhubung saya anak bontot), kebanyakan manggil dgn kalimat sapaan, paling sering "Pak". sering berasa aneh sendiri, kalo ternyata banyak bapak2 atau ibu2 manggil saya "Pak Huda". Apalagi Inul atau Ainul, di sumatera seingat saya itu panggilan semasa sekolah atau kuliah. Iya..usia memang tak bisa direkayasa, kita akhirnya tak bisa menolak kenyataan menjadi tua.

Akhirnya, catatan ini tak punya kesimpulan, karena yg ditulis memang ngga penting untuk dibaca. Tp bukan niat hati untuk narsis, klo lebih banyak cerita tentang tentang diri sendiri. Karena saya memahami, catatan lewat facebook ini memang disediakan sebagai media aktualisasi dan mengenalkan diri dgn cara berbeda pada orang lain, seperti misalnya melalui catatan2 yg saya buat, tanpa anda kenal langsung dgn saya pun, kayaknya anda sudah bisa membayangkan ainul huda afandi itu karakter orangnya seperti apa. Ok..Semoga bermanfaat.

oleh Ainul Huda Afandi pada 5 Februari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar